Pengertian Berbagai Macam Perangkat Keras Komputer

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Hallo sobat! Kamu disuruh menjelaskan tentang berbagai macam perangkat keras komputer? Tepat sekali kamu datang kesini. Saya juga pernah disuruh oleh guru praktek Komputer TKJ untuk mencari perihal tersebut, namun saya menjawabnya dengan logika sendiri dan setelah dinilai ternyata benar juga. Nah disinilah saya akan membagi mengenai informasi yang kalian cari saat ini.

Berikut Pengertian dan Macam-macamnya:

1. Monitor
Adalah data yang dihasilkan oleh komputer yang berguna untuk berkomunikasi dengan USERS.

Fungsi Monitor
Merupakan perangkat HardWare Output yang berguna untuk menampilkan apa yang telah diperoleh dari CPU.

2. CPU
CPU (Central Processing Unit)  adalah bagian yang mengatur data sesuai dengan intruksi-intruksi yang di beri dari users ke CPU.

Fungsi CPU
Berguna seperti halnya dengan alat hitung tetapi cpu lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utamanya adalah melakukan sistem Operasi Aritmatika dan juga Logika terhadap data yang didapat dari memori.

3. Keyboard
Adalah papan kata yang dibuat sedemikian rupa untuk memudahkan users menginputkan kata atau perintah ke komputer.

Fungsi Keyboard
Yaitu sebagai alat Input kata dan juga perintah kepada komputer.

4. Mouse
Adalah perangkat keras (hardware) yang di sambungkan kepada komputer baik via wire(kabel) atau bisa juga wireless (tanpa kabel).

Fungsi
Berguna sebagai perangkat Input memberikan perintah kepada komputer dengan cara menggeserkan pada mouse pada permukaan yang datar dan kasar.

5. Speaker
Adalah perangkat keras elektronika dibuat dari logam serta memiliki membran, kumparan, dan magnet untuk saling menyempurnakan.

Fungsi Speaker
Sebagai alat OutPut yang memberikan gelombang suara yang ditunjukan kepada pengguna dan sekitarnya.

6. Modem
Adalah singkatan dari modulator dan demodulator. Modulator mempunyai fungsi melakukan pemrosesan memberikan data dalam bentuk signal informasi ke signal pembawa.

Fungsi Modem
Berguna sebagai alat untuk melakukan aktitas koneksi ke jaringan satelit. Dan merubah sistem komunikasi sebelumnya 2 arah dari signal digital ke signal analog bahkan sebaliknya.

7. Printer
Adalah perangkat keras semacam alat yang ditunjukan untuk mengeluarkan data dari dalam komputer menjadi bentuk real atau nyata ke dalam media kertas.

Fungsi Printer
Berguna sebagai alat OutPut untuk mencetak tulisan, gambar, grafik data lainnya dari dalam komputer ke media kertas.

8. Infocus
Adalah perangkat keras berupa OutPut, ini biasanya digunakan untuk persentasi.

Fungsi Infocus
Berguna untuk menampilkan gambar/visual hasil dari pengerjaan data.

9. Flash disk
Adalah alat Input untuk ke komputer yang BerFungsi untuk menyimpan data baik dari komputer ke flash disk bahkan sebaliknya.

10. CD ROM
Adalah perangkat keras berupa Input yang biasanya ada di tiap komputer jika dipasangkan. Berfungsi sebagai untuk sebagai alat yang memberikan informasi isi dari tiap kaset yang dipasangkan ke CD ROM fungsinya hapir sama dengan Flash disk diatas.

Mungkin hanya itu yang dapat saya kasih tau sedikit pengertian dan fungsi dari macam-macam perangkat keras (HardWare) Komputer kepada kamu.
Load disqus comments

0 komentar