Inilah Macam-macam Persyaratan Untuk Melamar Pekerjaan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

www.cakrawala.site - Melamar pekerjaan menjadi hal yang sangat penting bagi setiap orang yang sudah lulus sekolah ataupun bagi orang dewasa. Tanpa adanya pekerjaan seseorang tak akan mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan ekonominya baik itu kebutuhan primer, sekunder dan teriser.


Jika anda ingin melamar pekerjaan pastikan anda sudah siap dan melengkapi sejumlah dokument pentingnya, jika tidak pekerjaan yang diharapkanpun akan sirna. Berikut ini saya berikan tips dan trik bagi anda yang akan melamar pekerjaan.

Berikut ini berkas yang umum untuk melamar suatu pekerjaan:

1. Surat Lamaran (WAJIB)
Surat lamaran/ application letter ini sangatlah penting bagi anda yang akan melamar sebuah pekerjaan, jika tidak ada berkas ini orang akan bingung maksud dan tujuan anda untuk melamar pekerjaan.

Untuk pertanyaan umum biasanya datang dari cara pembuatannya, apakah di tulis tangan atau di ketik print out? Sebenarnya ini tergantung dari perusahaan dimana anda melamar kerja tapi jika tidak ada arahan surat lamaran seperti apa yang di inginkan ada baiknya anda berikan berkas print out atau hasil ketikan di komputer.

Pastikan bagian penting surat seperti:
1. Kepala surat,
2. Tanggal surat,
3. Tujuan perusahaan dan alamat,
4. Salam hormat,
5. Isi surat,
6. Posisi yang di inginkan (Wajib),
7. Serta biodata diri
8. Tanda tangan pelamar.

2. Daftar Riwayat Hidup (WAJIB)
Daftar riwayat hidup menjadi hal penting berikutnya yang anda harus lampirkan saat akan melamar pekerjaan, karena ini menjadi bahan pertimbangan perushaan untuk menentukan apakah anda layak mengisi sebuah posisi berdasarkan pengalaman kerja, pendidikan, dan keahlian.

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat ini ialah:
1. Kepala surat
2. Tanggal pembuatan
3. Biodata diri atau identitas
4. Pendidikan formal atau non formal
5. Pengalaman kerja atau pelatihan kerja
6. Kemampuan atau keahlian
7. Sertifikasi dan penghargaan.
8. Dan tanda tangan.


Dari itu semua yang paling di perhatikan ialah pengalman kerja, pendidikan, kemampuan atau skill kerja. Saat interview biasanya yang akan di bahas ialah curriculum vitae / daftar riwayat hidup ini karena manajer hrd atau pimpinan mempertayakan, menguji dan mempertimbangkan dari surat ini.

3. Pasfoto (WAJIB)
Foto merupakan salah satu hal terpenting selanjutnya, dari foto inilah orang melihat siapkah dan seperti apa wajah anda. Bila anda melamar menjadi SPG/ SPB foto yang diminta biasanya beragam mulai dari 4x6 sampai Full Body (3R) kalau hanya untuk lamran biasa ukuran 3x4 saja sudah cukup untuk melampirkan foto.


Warna apakah yang digunakan? semua ini tergantung dari tahun kelahiran anda, Merah untuk tahun kelahiran ganjil dan Biru untuk tahun kelahiran genap. Semua itu bisa anda tentukan nantinya.

4. Elektronik - Kartu Tanda Penduduk (WAJIB)
E-KTP salah satu identitas selanjutnya untuk klarifikasi biodata anda. Bila anda tidak memiliki E-KTP atau belum mendapatkannya, setidaknya anda meminta KTP sementara di kantor kecamatan pada daerah domisili anda. Mendapatkan KTP sementarapun cukup mudah, hanya membawa Kartu Keluarga (KK) dan pasfoto 3x4 anda sudah bisa mendapatkan KTP sementara.

5. Kartu Keluarga
Kartu keluarga atau sering disebut KK bisa anda lampirkan dalam amplop lamaran, dengan catatan hanya sebagai pelengkap bagi yang tidak memiliki E-KTP sebagai bahan klarifikasi pihak HRD. Lampirkan paling tidak 1-2 lembar copy.

6. Akte Kelahiran
Akte Kelahiran bisa juga anda lampirkan pada amplop lamaran kerja sebagai bahan klarifikasi identitas. Semua itu untuk mensinkronisasikan ktp sementara, kartu keluarga, dan akte kelahiran, bahwa identitas memang benar.

7.  Ijazah (WAJIB)
Ijazah adalah bukti tertulis bahwa anda memang menjalani masa pendidikan pada suatu instansi pendidikan atau jenjang pendidikan. Bila anda belum memiliki ijazah setidaknya lampirkan Surat Keterangan Lulus sebagai pengganti ijazah yang asli.

Cara mendapatkan SK kelulusan cukuplah mudah, anda tinggal datang ke sekolah atau instansi lembaga pendidikan dan ajukan pembuatan SK kelulusan pada Staff Tata Usaha atau pihak terkait.

8. Setifikat Keahlian atau Penghargaan
Jika anda memiliki sertifikat keahlian atau penghargaan tidak ada salahnya dilampirkan pada amplop lamaran kerja, usahakan lampirkan sertifikat keahlian sesuai bidang yang akan anda lamar contohnya anda akan melamar posisi Design Graphic maka lampirkanlah Sertifikat Keahlian yang telah anda jalani selama masa kursus atau lesson.


9. Surat Pengalaman Kerja
Apabila anda pernah bekerja pada suatu instansi mintalah surat pengalaman kerja, karena hal ini perlu sebagai bahan pertimbangan dari perusahaan yang anda lamar.

Berikut ini ialah surat atau berkas pelengkap sebagai tambahan:

1. Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK)
SKCK adalah sebuah surat dari pihak kepolisian yang menerangkan untuk histori kejahatan atau tindak kriminal yang pernah dilakukan sebelumnya, bila anda tidak pernah terlibat tindak kriminal maka hal itu harus di pertahankan. 

Mengapa? karena pihak perusahaan tidak ambil resiko menerima Residivis untuk hubungan kerja. Jika pernah terlibat tindak pidana tentunya ini mempersulit anda untuk mendapatkan perkerjaan. Untuk biaya yang dikeluarkan dalam pembuatan skck ini di mulai dari Rp. 30.000 s/d Rp. 50.000, harga tergantung masing-masing tempat di daerah anda.

2. Surat Keterangan Sehat
Surat keterangan sehat ialah sebuah surat yang menyatakan rekam jejak medis anda atau menyatakan kondisi kesehatan anda saat itu, bahwa anda memang FIT untuk bekerja kerjas. Membuat surat inipun cukup mudah, anda tinggal datang kerumah sakit terdekat untuk mengajukan pembuat Surat Keterangan Sehat ini dan biayanya juga cukup murah.

3. Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)
SKBN ialah surat yang menerangkan bahwa anda tidak pernah menggunakan narkoba, ganja, sabu, narkotika dan sebagainya. Pembuatannya bisa dilakukan di 3 tempat yaitu, Rumah Sakit, Kepolisian, dan BNN (Badan Narkotika Nasional). Biaya yang di keluarkan pun cukup murah yaitu hanya sekitar Rp. 100.000 s/d Rp. 200.000 tergantung masing-masing tempat di daerah anda.


4. Surat Pernyataan
Surat Pernyataan biasanya dibuat untuk perjanjian suatu hal yang berkaitan dengan pekerjaan,

Berikut ini macam-macam surat pernyataan :
a. Surat pernyataan bersedia di mutasikan atau ditempatkan dimana saja
b. Surat Pernyataan tidak sedang menjalani aktifitas kuliah
c. Surat Pernyataan belum menikah alias lajang
d. Surat Pernyataan kesanggupan
e. Surat Pernyataan Kerja (tidak sedang kerja)

Itualah macam - macam surat pernyataan yang biasanya sering muncul dalam persyaratan melamar kerja. Setelah anda buat surat tersebut, jangan lupa tanda tangan di atas materai 6000.

Dari sekian banyak surat dan persyaratan di atas anda bisa lampirkan bila memang persyaratannya betgitu, jika tidak harap lampirkan yang dasarnya saja. Saran saya lampirkan saja sesuai persyaratan yang diminta oleh perusahaan yang anda lamar, jika tidak diminta surat pernyataan dan surat pelengkap diatas tentunya anda tidak perlu repot untuk membuatnya.

Bila ada hal yang ingin di tanyakan terkait hal melamar kerja bisa ditulis di kolom komentar, insya allah pasti di jawab admin.

Demikianlah artikel Macam-macam Persyaratan Untuk Melamar Pekerjaan.
Load disqus comments

1 komentar: