Panduan Lengkap Cara Mendapatkan Sertifikat SSL Gratis

Panduan Lengkap Cara Mendapatkan Sertifikat SSL Gratis

Menggunakan protokol HTTPS memberikan beberapa fungsi yang sangat penting, terutama untuk pemilik web atau para developer web. Pertama, menggunakan protokol tersebut pada situs mereka akan membantu mengamankan data, sepertihalnya nomor kartu kredit atau juga password. Itulah mengapa tidak sedikit orang yang mulai berselancar di Internet untuk mencari cara mendapatkan sertifikat SSL gratis selamanya.

Ditambah, Google sejak tahun 2014 sudah memberikan fitur bahwa mesin pencari tersebut lebih memberikan prioritas pada web-web yang bekerja dengan protokol HTTPS. Dengan manfaat yang besar tersebut, Anda bisa memulai penggunaan HTTP, maka anda harus membuat sertifikat SSL terlebih dahulu.

caramendapatkan sertifikat SSL gratis

Lantas, Apa Yang Dimaksud Dengan SSL?

Menurut situs globalsign.com, sertifikat SSL merupakan kumpulan file kecil yang dapat mengunci kriptografi pada suatu organisasi. Maksudnya, jika server web Anda sudah diinstal sertifikat SSL, maka gembok untuk menjaga koneksi tetap aman antara di server web dan browser yang digunakan pun akan aktif. Gembok tersebut terdapat pada browser dan juga protkol HTTPS.

Meskipun, untuk mendapatkan sertifikat SSL, beberapa tempat meminta Anda untuk membayar biaya tertentu dari mulai Rp. 500.000,- sampai jutaan rupiah untuk tiap tahunnya. Akan tetapi, untuk Anda yang mungkin berpikir bahwa biaya tersebut akan anda alokasikan ke kebutuhan lainnya, maka Anda bisa mencoba cara mendapatkan sertifikat SSL gratis selamanya.

Daftar Tempat Untuk Mendapatkan SSL Gratis

Berikut beberapa tempat yang bisa dicoba jika anda ingin mencari SSL gratis:
  • CloudFlare Uiversal SSL - Untuk pemilik website yang ingin mengaplikasikan koneksi HTTPS, tempat ini bisa menjadi cara mencari SSL gratis yang paling mudah. Dengan mengunjungi Cloudfare, Anda hanya perlu melakukan pendaftaran nama domain. Selanjutnya, pilih fitur SSL dalam kondisi aktif, dan web And pun sudah bisa diakses. Catatan pentingnya ialah sebaiknya coba redirect pegunjung, yaitu dari versi HTTP ke HTTPS. Kemudian, ganti url yang masih menuju ke alamat sebelumnya.
  • Let’s Encrypt - Opsi selanjutnya yang bisa anda coba adalah Let’s Encrypt, yang merupakan nama baru dari Certificate Authority. Tujuannya adalah agar sertifikat SSL bisa dibagikan secara gratis tanpa batas dan pada siapapun. Akan tetapi, cara membuat sertifikat SSL versi beta akan berbeda dengan yang lain. Untuk itu, Anda harus menginstal paket programnya terlebih dahulu ke server. Kemudian, konfigurasi akan berjalan secara otomatis. Mengenai masa berlakunya, yaitu akan berjalan selama 3 bulan. Selanjutnya, perpanjangan akan berjalan secara otomatis pula.
  • Get HTTPS for free - Untuk penggunaan Let’s Encrypt mungkin akan sedikit sulit. Sebab, Anda dituntut untuk bisa memahami konfigurasi VPS dan mengutak-atiknya. Ada juga harus menginstal paket aplikasinya, serta setting perpanjangan yang otomatis.

    Nah, berbeda dengan menggunakan Get HTTPS for free. Anda bisa menggunakannya sebagai cara mendapatkan SSL gratis selamanya dari Let’s Encrypt dengan lebih mudah dan lebih cepat.
  • SSL for Free - Opsi ini adalah opsi terakhir untuk Anda yang cukup bagus dicoba. Tempat ini menggunakn Let’s Encrypt sebagai CA. Yang perlu Anda lakukan adalah mengisi nama domain serta validasi. Pengisian ini membutuhkan DNS record.
Lalu, mana pilihan tempat untuk membuat SSL yang terbaik?

Setiap layanan tentu memiliki kebijakan yang berbeda. Layanan yang diberikan juga tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan, apalagi jika dibandingkan dengan layanan SSL berbayar dari sisi teknis.

Alasan Kenapa Harus Menggunakan Cloudflare Untuk Membuat SSL Gratis

Akan tetapi, jika harus memilih, dari semua pilihan layanan gratis di atas, cara membuat SSL gratis yang paling mudah dicoba adalah dari Cloudflare. Mengapa?
Di Cloudflare, Anda tidak perlu menggunakan proses yang ribet, apalagi untuk enkripsi. Sekali klik saja, semua sudah selesai. Akan tetapi, metode ini berfungsi hanya mengenkripsi dari dari Cloudflare server ke pengguna web. Sehingga, jika dari web ke server Cloudflare, maka tidak akan dienkripsi.
Berbeda dengan Let’s Encrypt atau Start SSL yang butuh proses panjang.

Cara Aktifkan HTTPS(SSL) Di Blogspot Custom Domain

Sebelum memulai menggunakan Cloudflare untuk membuat SSL dengan gratis, pastikan bahwa Anda sudah terdaftar di cloudflare.com dan situs Anda sudah dilengkapi dengan layanan Cloudflare.
Jika belum, maka ikuti panduan mengaktifkan Cloudflare yang merupakan panduan resmi dari web Cloudflare.

Kemudian, pastikan bahwa Anda sudah membackup website agar jika terdapat kesalahan pada implementasi sertifikat SSL, maka Anda tidak perlu memperbaiki beberapa masalah seperti misalnya, gambar pada web atau css menjadi tidak dapat diakses.

Ada dua tahap yang harus anda lakukan :

Pertama : Setting DNS Blogspot atau Wordpress anda ke Cloudflare.
Bagi anda yang belum memiliki akun Cloudflare silahkan anda daftar terlebih dahulu di cloudflare.com FREE, jika sudah ikuti langkah berikut untuk setting DNS anda ke Cloudflare :
  • Login ke akun Blogger  anda di www.blogger.com
  • Kemudaian pilih menu Setelan Dasar ( Setting ), klik tautan +Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda
  • Kemudan akan muncul Texbox Setelan domain pihak ketiga, isikan nama domain yang anda miliki dan klik simpan. Jika muncul pesan peringatan abaikan saja. 
Perhatikan gambar berikut :
  • Dari tahap sebelumnya kita telah mendapatkan infomarsi mengenai Bidang Nama, Label, atau Host & Bidang Tujuan, Target atau Mengarah Ke

Jika setting DNS di Cloudflare sudah sampai pada tahap akhir kembali ketahap ini dan jangan lupa untuk mengklik Simpan.
  • Langkah selanjutnya silahkan anda buka Tab Baru & silahkan anda Log-in ke akun Cloudflare anda
  • Klik +add site  > isikan nama domain " namadomain.com " > Klik Begin Scan

  •  Kemudian klik Continue Setup & Add Record


Perhatikan Tabel berikut ini :
A @ 216.239.32.21 Add Record
A @ 216.239.34.21 Add Record
A @ 216.239.36.21 Add Record
A @ 216.239.38.21 Add Record
Kemudian Tambahkan juga DNS RECORDSblogspot yang anda telah dapat pada tahap sebelumnya, perhatikan table berikut ini :
CNAME www ghs.google.com Add Record
CNAME foke6w5iff47 gv-4644nkquebps6i.dv.googlehosted.com Add Record
  • Selanjutnya klik Continue
  • Selanjutnya silahkan anda pilih pake yang anda inginkan oleh karena kira ingin cari yang gratis anda pilih FREE WEBSITE dan Klik Continue
  • Pada tahap ini anda di minta untuk merubah atau menambahkan namesarver domain anda, silahkan anda login ke member area tempat anda membeli DOMAIN dan lakukanlah setting namesarver-nya, berhubung saya membeli domain di namecheap.com. Berikut tahapannya :
  • Klik manage atau kelolah 
  • Isikan namesarver seperti yang di dapat pada tahap sebelumnya dan jangan lupa untuk mengklik Centang. Perhatikan gambar berikut ini:

  • Setelah selesai silahkan kembali ke Tab Cloudflare sebelumnya, dan klik Continue
  • Jika Status: Website not active (DNS modification pending) , Klik Recheck Nameservers dan Reload halaman anda, tunggu hingga Status : AKTIF
Sampai tahap ini anda telah berhasil Setting DNS Blogspot atau Wordpress anda ke Cloudflare.

Kedua : Setting SSL di Cloudflare

Berikut ini langkah intinya dari tutorial ini, silahkan di ikutin :

a. Pilih Cripto dan Pilih Flexible -> Tunggu hingga Status : Active Certificate

Untuk keamanan yang lebih kuat, pilih “Full” atau “Full (strict)”. Artinya, Cloudflare akan melakukan enkripsi data secara penuh, dari server web ke browser. Jika memilih “Full (strict)”, maka dibutuhkan sertifikat SSL yang resmi, atau valid.

b. Selanjutnya pilih Caching dan pilih Purge Everything


c. Selanjutnya pilih Page Rules dan pilih Create Page Rule



d. Tambahkan alamat blog anda. Perhatikan http://www.namadomain.com/*, jangan lupa “/* ” tambahkan di akhir alamat blog anda. Kemudain klik +add a setting. Perhatikan gambar berikut :



Nah, jika sertifikat SSL sudah diinstal, langkah terakhir adalah pidahkan akses situs web Anda dari protokol lama (HTTP) ke yang baru (HTTPS). Untuk platform Wordpress, anda membutuhkan dua plugin: Easy HTTPS Redirection dan SSL Insecure Content Fixer.

Namun, jika anda menggunakan platform blogger untuk blogspot anda, ubah file htaccess di server Anda. Cobalah mengikuti panduan mengubah file htaccess tersebut. Kemudian, tambahkan versi HTTPS web kamu di Google Webmaster.

e. Klik Save and Deploy
f. Terakhir Pilih Firewall & Security Level  silahkan pilih Low, Medium Atau High. Kalu saya pilih yang LOW
Sampai pada tahap ini anda sudah berhasil Setting DNS Blogspot atau Wordpress & setting SSL ke Cloudflare, Cloudflare.

Itulah informasi tentang cara mendapatkan sertifikat SSLgratis selamanya cukup mudah bukan?
Load disqus comments

0 komentar