Cara Custom ROM Smartphone Android

Custom rom galaxy indonesia

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Hallo Pembaca, anda belum mengetahui pembasahan kita kali ini dan tutorial singkatnya? slow disini tinggal baca aja ga perlu repot cari-cari. Berikut Penjelesan singkat terkait Custom ROM dan Tutorialnya.

ROM-Read Only Memory adalah tempat penyimpanan data (dalam bahasan ini file sistem) yang berbentuk Chip-IC. ROM sendiri artinya adalah Read Only Memory, tetapi ketika digunakan dalam komunitas modding android maka artinya menjadi custom OS image yang di install kedalam area ROM didalam HP.

Custom ROM dalam kostumisasi berarti merubah, mengganti, menghilangkan sebagian ato seluruh bagian, melakukan optimalisasi, menambah, dan melakukan berbagai hal yg mreka bisa rubah dari stock ROM standart.

Tutorial instalasinya
1. Pertama – tama silahkan download Custom ROM (berformat ZIP) dan jika sudah punya, silahkan pindah file tersebut pada directory awal pada SDCard alias tanpa folder.

2. Lalu silahkan backup terlebih dahulu menggunakan CWM supaya jika terjadi kesalahan bisa dikembalikan ke ROM aslinya.

3. Setelah itu silahkan menuju CWM Recovery dan silahkan Wipe Data/Factory reset, Wipe Cache, dan Wipe dalvik-cache terlebih dahulu. 

4. Jika sudah silahkan pilih pada menu Install zip from sdcard. Lalu akan ada menu lagi pilih lagi menu Choose zip from sdcard.

5. Sekarang kamu ada pada directory awal SDCard, silahkan scroll kebawah dan cari Custom ROM tadi yang berformat ZIP. 

6. Jika sudah ketemu silahkan pilih file itu, kemudian akan ada menu lagi dan pilih saja YES

7. Tunggu hingga proses selesai, ini memakan waktu sebentar kurang lebih 5 sampai 10 menit saja. Jika sudah Completed, silahkan pilih Reboot Now dan lihat hasilnya.

NB: Jika anda  tidak dapat menemukan WipeData/Factory rest,wipe cache dan wipe dalvik-cache, Gunakan CWM 1.0.6.3.

Sedikit saran, ketika hendak mencari CR usahakan cari yang sesuai dengan handphone android anda jika tidak dikhwatirkan akan terjadi bootloop(smartphone mati). 

Jangan terlalu sering CR, jika ingin mengganti lagi dan lagi usahakan dalam tempo waktu tertentu jika baru saja CR dan mau CR lagi handphone anda akan bootloop. 

Jika smartphone anda masih baru dan memiliki garansi usahakan jangan di CR dulu karna pihak dari garansi tidak mau memperbaikinya lagi jika sudah dimodifikasi hal itu terdapat dalam buku panduan smartphone anda. Gunakan dengan bijak.

Demikianlah artikel sederhana tentang Cara Custom ROM Smartphone Android yang saya sharing ini, Semoga berhasil...!
Load disqus comments

0 komentar