Cara Merawat Laptop Secara Efektif Dan Bijak

cara merawat laptop

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...
Hallo gan! Mungkin anda mempunyai laptop yang cukup berharga bagi anda. Pastinya laptop sangat sayang ya jika sudah rusak, ya pastinya jangan sampailah. Jika laptop sudah rusak 1x biasanya akan rusak lagi entah apa saja bisa rusak, maka dari itu anda harus menjaga laptop atau notebook sebaik mungkin agar tidak rusak. Nah apabila rusak pastinya perlu biaya untuk memperbaikinya dari sinilah kita membahas tentang merawat laptop agar tidak rusak berikut ulasannya untuk anda.

Laptop/Notebook

Merupakan alat atau object sepeti komputer hanya saja jenis generasinya lebih maju dari komputer sebelumnya, laptop ini bisa dibawa kemana-mana tanpa harus repot sedangkan komputer sebaliknya membawanya susah karena ukurannya dan juga harus membawa seluruh perabotannya agar bisa digunakan. Fungsi Notebook ialah sebenarnya banyak diantaranya bisa juga untuk bekerja, bermain game, memudahkan aktifitas, bahkan ada juga menjadikannya sumber penghasilan.

Bagaimana cara merawat laptop?

Merawatnya tidaklah sulit namun akan menjadi sulit bila mengacuhkan hal-hal remeh yang anda lakukan pada laptop seperti diantaranya:

1. Jangan mengecas berlebihan sampai setiap bermain di cas. Kejadian yang saya alami adalah akibatnya baterai laptop tidak mau lagi mengisi dan ketika menghidupkan laptop harus dicas terlebih dahulu, itu yang saya alami.

2. Jangan membawa-bawa laptop pada saat masih menyala. Akibatnya terdapat pada hardisk karena pada saat laptop dibawa dengan kadaan miring hardisk dapat tergores sehingga beresiko merusak hardisk.

3. Jangan sekali-kali bermain laptop diatas tempat yang mengembalikan panas mainlah ditempat yang tidak mengembalikan panas. 


Akibatnya LCD laptop dapat rusak karena panas yang dikeluarkan laptop akan kembali lagi ke laptop apabila bermain ditempat yang mengembalikan panas. 

Saran saya bermainlah ditempat yang dingin untuk tempat duduk laptop contohnya: diatas meja kayu, meja kaca, lantai, atau bisa juga menggunakan kipas tambahan dibawah laptop.

4. Jika anda menggunakan kipas tambahan dibawah laptop usahakan untuk tidak sering mencabutnya kenapa?.


Karena hal itu bisa membuat tahan lama dari kipas tambahan berkurang dalam artian mudah rusak. Sara saya biarkanlah usb kipas tambahan tetap terpasang pada laptop agar tidak terjadi kerusakan pada usb.

5. Untuk bermain game harus diperhatikan dengan kemampuan laptop, jika laptop anda tidak mempunyai vga dan spesifikasi yang cocok untuk bermain game janganlah dipaksakan. 

Karena hal ini selain bisa menyebabkan patah-patah dan berat saat bermain bisa juga membuat laptop merasa tertekan dan beresiko rusak.


6. Jika laptop sering dibawa-bawa kemana-mana pastikan laptop sedang tidak dalam keadaan tertekan, maksudnya jangan sampai laptop terhimpit oleh kepadatan didalam tas, saran saya tambahkan seperti bagian empuk dikiri dan kanan laptop agar tidak terhimpit dengan barang lainnya.

7. Perhatikan waktu pemakaian laptop hal seperti ini biasanya dianggap remeh orang. Waktu pemakaian maximal setahu saya 8 jam itupun kalau dipakai untuk bekerja jika dipakai untuk bermain game saya rasa kurang dari itu maximalnya. Jika pemakaian berlebihan bisa meningkatkan resiko kerusakan.

8. Jangan menaruh makanan dan minuman di dekat laptop. Jika lagi makan dan minum didekat laptop sebaiknya jauh dari laptop, hal ini untuk menghindari tumapahan atau terkena minuman yang bisa beresiko pada laptop anda.

Hal apa yang harus dilakukan jika rusak?

Untuk yang satu ini terdapat 2 jenis kerusakan yang pertama itu Software kedua Hardware

Jika rusak Software mungkin sistem operasi windowsnya rusak dan data belum diback up saya sarankan untuk meminta bantuan kepada yang ahlinya bisa juga kepada teman dan teknisinya.

Jika rusak Hadware ada kemungkinan sebaiknya dibawa saja kepada ahlinya karena jika anda tidak mengetahui apa-apa tentang hardware dilaptop sebaiknya janganlah coba-coba apabila mencoba memperbaiki sendiri kemungkinan akan dapat memperparah kerusakan. 

Jika tidak ada uang untuk membawa ke teknisi ada baiknya dicari dulu tutorial memperbaiki laptopnya di google atau diyoutube, apabila dengan kata kunci pencarian indonesia tidak ketemu ganti saja dengan kata kunci pencarian bahasa inggris.

Nah gimana anda sudah tau hal-hal apa saja yang harus diperlakukan pada laptop kesayangan? laptop atau komputer memanglah object benda mati tapi ada baiknya diperlakukan seperti benda hidup yang harus dirawat dan dijaga sepenuhnya. 

Jika benda seperti itu bisa ngomong mereka pasti sudah mengeluh atas apa yang telah kita lakukan.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan mengenai pembahasan kita tentang Cara Merawat Laptop Secara Efektif Dan Bijak dari saya kepada anda. Semoga menambah pengalaman anda dibidang ini.
Load disqus comments

0 komentar